Kamis, 25 Juli 2013

Menjadi Kaya dengan investasi dan bisnis Properti?

Banyak cara untuk menjadi kaya, diantaranya ada 4 cara yang paling populer, yaitu melalui Bisnis, Saham, Internet, dan Properti. Diantara ke empat cara tersebut properti memiliki lebih banyak keunggulan dan keunikannya. Kalau kita perhatikan ketika kita akan membeli sebuah bisnis dengan harga 1 Miliar maka kita harus mengeluarkan uang 1 Miliar dan ketika akan membeli bisnis seharga 500 juta maka harus mengeluarkan uang sebesar 500 juta. Yang membuat properti menjadi sangat unik adalah kita tidak perlu mengeluarkan uang 1 Miliar untuk membeli properti yang harganya 1 Miliar, di properti Anda tidak harus mengeluarkan uang Anda sendiri.

Ada hal yang sangat menarik, orang kaya memiliki satu kesamaan yaitu jika mereka tidak kaya melalui properti maka pada akhirnya mereka akan membeli properti.

Ray Kroc pernah berbicara di depan para Mahasiswa, dia bertanya: “Apa bisnis saya?”Banyak mahasiswa yang menjawab hamburger, lalu Ray Kroc menjawab: “Bukan, hamburger adalah pekerjaan saya, sedangkan bisnis saya adalah properti”.

Ya, Ray Kroc adalah pemilik kerajaan bisnis McDonald yaitu franchise hamburger terbesar di dunia dan salah seorang pemilik bisnis properti terbesar di dunia, hampir seluruh gerai McDonald di seluruh dunia adalah miliknya. Dengan sistemnya yang sangat jenius, ketika ada yang membeli Franchise McDonald yang tidak memiliki tempat untuk gerainya, maka Staf Ahli Ray Kroc akan mencarikannya di tempat yang paling strategis, lalu Ray Krock akan membeli tempat tersebut dengan uang muka dari pembelian franchise McDonald dan cicilan bulanan dari hasil bisnisnya tersebut, jadi seolah-olah Ray Kroc mendapatkan properti tersebut secara gratis.

Akhir-akhir ini banyak buku dan seminar yang membahas tentang properti dengan judul yang sangat bombastis, seperti “Bagaimana Membeli Properti Tanpa Uang Malah Dapat Uang”.

Inti dari teknik ini adalah mencari properti bisnis seperti Kost-kost-an, Ruko atau Apartment yang memiliki cash flow atau hasil sewaan yang harganya di bawah harga pasar, lalu tanyakan harga properti tersebut pada ahli appraisal atau penaksir harga standar properti yang tentunya akan di ketahuai harganya lebih tinggi dari harga yang diinginkan si penjual, selanjutnya ajukan KPR ke beberapa Bank, Jika ada salah satu Bank yang setuju maka kita akan terima uang lebih besar dari harga rumah yang di tawarkan oleh pemiliknya, bayarkan uang tersebut ke pemilik properti dan sisanya merupakan komisi buat Anda, lalu untuk bayar cicilan per bulan ke Banknya dari hasil sewaan properti tersebut. Untuk mendapatkan properti yang di bawah harga pasar, kita bisa mencari informasinya dari broket properti.

Secara umum yang termasuk properti adalah tanah, rumah, villa, apartment, kantor, ruko, rumah kost, pabrik, restoran, lapangan olah raga.

Kenapa kita harus berbisnis properti? 

Karena banyak keunggulan dan keunikan dari properti yang tidak di miliki oleh bisnis, saham, dan internet diantaranya adalah:

Kebutuhan Dasar Manusia 
Seperti kita ketahui kebutuhan dasar manusia ada 3, yaitu sandang, pangan, dan papan atau pakaiaan, makanan, dan rumah atau properti. Jadi properti merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, tanpa properti manusia tidak akan mampu bertahan hidup.

Memiliki Dua Sumber Income Sekaligus 
Kalau saat ini Anda memiliki sebuah bisnis atau investasi saham maka Anda cenderung hanya mendapatkan satu sumber income saja, berbeda dengan properti, sambil menunggu harganya naik Anda bisa menyewakan properti tersebut, misal di buat kost-kost-an, toko, gudang. Jadi Anda bisa membuat bisnis di dalam properti yang bisa menghasilkan income untuk Anda. Bahkan kalau kreatif dan properti Anda berada di pinggir jalan raya bisa juga menghasilkan income lain misal dibuat Media Spot untuk iklan.

Kontrol Penuh
Ketika investasi di saham, kontrol Anda hampir tidak ada, karena hanya perusahaan tempat investasi saham tersebut yang pegang kontrol, tetapi di properti Anda yang pegang kontrol sepenuhnya. Misal Anda membeli properti yang kurang bagus, karena Anda punya kontrol sepenuhnya Anda bisa cat ulang atau renovasi ulang.

Harga Cenderung Terus Naik
Harga properti rata-rata naik antara 10% sampai 20% per tahun, walaupun ada kalanya harga turun tetapi ini hanya masalah waktu saja karena akan naik lagi, kecenderungannya selalu naik.

Demand Selalu Lebih Besar Daripada Suplai
Manusia di takdirkan untuk meneruskan keturunan, keturunan itu pasti butuh rumah atau properti, jadi semakin lama akan semakin banyak di butuhkan rumah. Walaupun semakin banyak develover atau pengembang yang menyediakan rumah tetap saja tidak sebanding dengan kecepatan pertumbuhan penduduk, sehingga permintaan akan kebutuhan rumah selalu lebih besar dari penyediaannya.

Banyak orang yang sudah tahu bahwa properti memiliki banyak keunggulan dan keunikan dibanding dengan bisnis, saham, dan internet untuk jalan menjadi kaya, tapi kenapa mereka tidak banyak yang terjun ke dunia properti? Ada beberapa alasan yang membuat mereka tidak berani terjun ke dunia properti, yaitu:

1. Takut Resiko
Alasan pertama orang tidak terjun ke dunia properti karena takut resiko. Padahal dengan tidak menggunakan modal sendiri dan dengan kontrol sepenuhnya kita yang pegang maka akan semakin memperkecil resiko.

2. Tidak Punya Modal
Tidak mempunyai modal merupakan alasan yang sangat klasik dan tidak hanya di properti. Tetapi seperti yang sudah di tuliskan diatas, ketika kita akan membeli atau membuka sebuah bisnis dengan modal 1 Miliar maka kita harus menyiapkan uang sebesar 1 Miliar, sedangkan ketika kita akan membeli properti yang harganya 1 Miliar, kita tidak perlu mengeluarkan uang sebesar 1 Miliar, 10 juta pun bisa, 5 juta pun bisa, kenapa bisa demikian? Karena banyak sekali pendanaan-pendanaan yang siap mendanai properti seperti Bank dengan KPRnya.

3. Tidak Memiliki Pengetahuan
Ini alasan yang paling vital, karena kurangnya pendidikan tentang properti sehingga banyak orang yang tidak berani bermain properti. Memang tidak dapat disalahkan juga karena sangat minimnya pendidikan khusus atau sekolah khusus properti yang pengajar-pengajarnya ahli atau praktisi di bidang properti. Tetapi sebenarnya sekarang sudah banyak lembaga yang bisa membantu mendapatkan banyak informasi tentang properti.

4. Waktu Belum Tepat
Timing selalu menjadi alasan orang untuk tidak memulai berbisnis properti. Sebenarnya bila kita memulai saat krisis atau sebelum krisis itu akan selalu ada waktu yang tepat, tetapi kalau tidak dimulai sampai kapanpun tidak akan pernah ada waktu yang tepat. Jadi waktu yang tepat adalah sekarang untuk memulainya, misal saat harga naik berarti saatnya menjual, saat harga turun berarti saatnya untuk membeli. Jadi waktunya akan selalu tepat untuk memulai.

Ada beberapa cara atau profesi yang bisa membuat Anda menjadi kaya dari properti, yaitu:

Agen Properti 
Agen Properti adalah perorangan atau kelompok yang bertugas sebagai mediator atau makelar dalam jual beli properti atau sering disebut juga broker properti. Broker properti merupakan pedagang perantara yang bertugas menjualkan properti orang lain, dan mendapatkan keuntungan dari komisi hasil transaksi properti yang terjadi. Jika anda berminat menjadi broker properti, anda bisa bergabung dan berkarir sebagai agen properti

Dealer Properti 
Tugas atau pekerjaan dari Dealer properti adalah jual beli properti atau bisa disebut juga pedagang properti. Intinya yang di lakukan oleh dealer properti adalah membeli properti dengan harga murah, lalu properti tersebut diperbaiki atau direnovasi, dipercantik, selanjutnya dijual dengan harga yang mahal sehingga mendapat keuntungan dari selisih harganya tersebut. Untuk mempermudah proses menjual dan membelinya Dealer properti juga bisa menggunakan jasa Agen Properti.

Investor Properti 
Diantara cara atau profesi untuk menjadi kaya melalui properti, dengan cara menjadi Investor properti adalah yang paling favorit. Perbadaan antara Daeler properti dengan Investor properti adalah Dealer properti membeli properti untuk di jual kembali, sedangkan Investor properti membeli properti untuk investasi, keuntungan yang di dapat dengan cara menyewakan propertinya, dari hasil sewa tersebut bisa menjadi passive income untuk pemiliknya. Jasa agen property pun akan sangat di butuhkan oleh Investor properti. 

Konsultan Properti 
Konsultan properti adalah badan independen resmi yang salah satu tugas atau keahliannya sebagai appraisal atau menaksir nilai dari sebuah properti yang digunakan sebagai dasar bank untuk menentukan besarnya pinjaman untuk KPR. Jadi merupakan tenaga ahli yang jasanya sering di butuhkan oleh bank atau perorangan untuk appraisaal properti. Yang mendapatkan keuntungan dari bayaran jasanya tersebut. 

Developer 
Developer atau pengembang biasanya sebuah grup besar, tapi ada juga yang perorangan. Pekerjaannya mendesign dan membangun properti serta mengembangkan suatu lokasi atau kawasan menjadi hunian yang bernilai tinggi, seperti membuat perumahan, perkantoran, pusat perbelanjaan atau gabungan dari semuanya sekaligus. Bahkan bisa juga merubah lokasi yang tadinya tidak layak huni menjadi layak huni, seperti merubah dearah rawa-rawa menjadi perumahan atau juga pusat hiburan. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa Developer besar yang sangat terkenal. Jelas keuntungan yang di dapatkan oleh Developer adalah dari hasil penjualan propertinya yang di kelola secara profesional dengan melibatkan banyak tenaga ahli, salahsatunya seperti Agen Properti.

Sumber : Century Property, berbagai sumber

Tidak ada komentar :

Posting Komentar